Budidaya Lele


  • Jika kita ingin memulai ternak lele dgn tebar bibit 10.000 ekor ukuran 10-12 cm harga di pasaran Rp.250-300/ekor setidaknya diperlukan lahan 100 m2, jumlah pakan pelet 1 ton jika konversi pakan menjadi daging 90 % diestimasikan kita mendpt hasil 900 kg, masa pemeliharaan 60-80 hari.Sebaiknya pada saat 30-40 hari stlh tebar benih dilakukan sortir, krn mulai banyak bibit yg bertubuh bongsor yg sering meng-kanibal ikan yg lain.

 

  • Tebar lele, bisa diawali dgn tebar ukuran 2-3 cm dgn kapadatan 100-150 ekor/m2, pilih lokasi dgn suhu > 26 C. Jadikan warna air menjadi hijau daun utk suplai O2 lbh baik, dgn cara pemupukan & aplikasi probiotik. Umur 90 hari akan di dpt 140 gr ( 7ekor/Kg). dgn kepadatan itu kolam dari terpal atau beton.
    Sebenarnya dgn teknologi probiotik tebar lele sudah mampu sampai 400 – 500 ekor/m3. tetapi diperlukan kepiawaian dlm manajemen pengelolaan kualitas air.

 

  • bentuk fisik kolam tdk terlalu utama, baik itu kolam tembok ataupun tanah. yang diutamakan dlm ternak lele adalah kualitas benih, air dan pakan.Benih sebaiknya beli dari pembenih lele langsung dan mulai dari benih yg agak besar contohnya ukuran 10-12 cm dgn kepadatan 100-150 ekor/m2, air bebas pencemaran bisa berasal dari air sungai, sumur, PAM yg sudah diendapkan. kolam sebaiknya diberi pupuk kandang,urea,tsp dan didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton, kolam harus dlm kondisi air tdk jalan krn lele rentan terhadap perubahan air yg terus menerus dan lele akan selalu meloncat kearah sumber air mengalir. kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm.pakan utama sebaiknya menggunakan pakan pabrik dgn kandungan protein >32% dan dpt diberi pakan tambahan berupa limbah peternakan ayam spt bangkai ayam,usus,telur yg gagal tetas dng terlebih dahulu dibakar/direbus.

 

  • Petani lele di rangkasbitung (Banten), ukuran kolam 10×10M2 ditanami benih 10.000 ekor, diberi pakan 4 kali sehari dan 40 hari kemudian panen sekitar 1,2 ton. Kedalaman air sekitar 80 cm, kolam tidak dibeton tapi cukup tanah alami. 2 minggu setelah tabur benih, ikan dipisah-pisahkan yang ukuran besar dan yang kecil. Oya jenis lele silangan antara patin dan dumbo, saya lihat warna ikan agak putih tidak seperti lele biasa dan tidak matil, juga tidak meng-kanibal yang lainnya.
    Harga benih sekitar Rp. 250/ekor, hasil diskusi dengan peternak nih, total biaya sekitar 7,5 juta (Bibit+Pakan), 40 hari tanam menghasilkan sekitar 10 Juta.

 

  • Tips membuat pakan tambahan untuk lele, peternak lele bisa mencobanya, dgn bahan :
    1. Ampas tahu
    2. Katul (dedek halus) dari padi
    3. Ikan Asin BS(dihaluskan)lebih bagus di rebus
    dgn perbandingan 10:5:1 jd setiap 10 kg ampas tahu,+5kg katul,+ 1kg ikan asin bs aduk jd satu, berikan sesuai kebutuhan.

 

  • Modal awal, kita coba buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30an cm, tanah galian urug-kan ke sekitar pinggir calon kolam. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membeli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan, ataupun yang lebih mahal juga bisa, tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus. Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Jadilah kolam kita yang berbiaya murah. Isilah dengan air jernih, biarkan selama 2-3 malam (jangan langsung ditaburi benih). Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.

  • Berikutnya, tinggal beli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 100-150 rupiah per ekor. Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Beli pakan ikan (pelet) lembut, sekitar 5000 rupiah per kg. Sebulan mungkin menghabiskan sekitar 3 kg, Sebagian di atas kolam dibuat atap pelindung, juga bagus. Sebagian terkena cahaya langsung matahari. Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar nambah-nambah zat makanan. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Kalau di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang. 3-4 hari berikutnya ikan akan bertahan hidup normal. Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukp besar untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekor. Bikin saja tulisan di depan rumah “JUAL IKAN LELE KONSUMSI, SEGAR, GURIH” Kalau tanah cukup luas, berarti bisa bikin 2-3 kolam lagi yang serupa. Pakai terpal plastik juga (hemat biaya pasir dan semen, serta ongkos tukang .

About these ads

97 responses to “Budidaya Lele

  1. Saya ingin membeli bibit lele sekitar 100 Kg dimana ya yang bisa di dapat, oh ya saya tinggal di kota Depok jawa Barat. Tolong kirim informasinya ke email saya. Trimakasih

  2. saudara saya baru mahu belajar ternak lele, tapi macam mana caranya

  3. Saya juga mengusahakan untuk budidaya ikan lele dumbo dan gurame berlokasi di Duren Mekar Parung Bogor.
    Dan saya mau tanya apakah anda bisa kasih kita informasi agen penjualan ikan lele ukuran 6-10 ekor/kg ( daging ) dengan harga yang stabil tidak kurang dari Rp 9000/kg dan berapa ton / hari kemampuan pengambilannya ?
    Dan juga kalau butuh bibit lele dumbo saya bisa mensupllai keanda dan teman2 yang lainya.ikan hasil penetasan dan pembiakan sendiri dari indukan terseleksi min 1.5 thn dan 1.5 kg/ekor .
    harga tergantung dari permintaan ,ukuran dan jarak pengiriman.Hub Alfian di 0856 7144 483 atau 021 741 0248
    Siap di kirim ketempat alamat permintaan.gratis.

  4. gw butuh harga benih yang sekarang tw,.,.,.,

  5. mohon informasi usaha budi daya lele lengkap dengan analisa ekonominya, dan benar atau berdasarkan pengalaman.trims

  6. Terima kasih ada media untuk tukar pengalaman dibidang perlelehan , ya saya sudah bikin 2 kolam yang terbuat dari terpal plasti dengan ukuran 4×6 masing-masing sudah saya isi 2500 ekor dengan kedalaman air 50 cm saat ini. saya coba untuk ditimbang sebanyak 5 ekor ternyata beratnya sudah mencapai 4 ons ini baru umur 3 minggu .dan menu tambahan ayam-ayam yang mati ,untuk selanjutnya saya memikirkan cara pemasaranya ?

    catatan : benih yang saya tabur sebesar korek api.

  7. nich aku sedang mencoba nich doakan sukses yaaaaaaaaa

  8. Assalamualaiku Wr. Wb.
    Alhamdulillahi rabbil’alamin.
    Suqron ya mas atas info dan petunjuknya.
    Emang zaman sekarang susah banget cari makan, makan pake nasi dan sayur saja sudah bukan zamannya lagi. Tetapi bagaimana mungkin bisa makan yang berkualitas, kalo disaat panen tiba harga jual beras murah, dan saat musim tanam tiba harga pupuk mahal, gimana gak doNGkoL?
    oleh karenanya saya minta tips bagaimana kalo diadain lajur untuk mina padi, dan tips bertani secara organik (pembuatan pupuk organik)?..syuqron ya mas..!

  9. saya mau tanya nih, saya coba2 beternak lele. ada 3 kolam. tapi yang 1 kolam kok lelenya
    banyak yg mati yah. saya gk tau apa kualitas air atau apa yg berpengaruh disitu. air cuma
    dapat dari mata air yg mengalir cukup lumayan deras. makanan dari bangkai ayam. tanah dari
    kolam beton. nah pertanyaan saya apakah kalo kolam kira2 50 m bisakah disini dengan lele
    sejumlah 9000 ekor. sebaiknya yg bagus kolam 50 m itu disini berapa lele ya jumlahnya. ukuran lele sekitar 5-7 cm. saya butuh saran anda. karena ikan mati sehari sudah cukup banyak. sehari bisa 50 pcs.

  10. untuk masa sekarang emang perlu berpikir menjadi wiraswasta…ngga usah mengharap jadi PNS atau pegawai lai…udah banyak yang kehilagan pekerjaan karena di PHK..atau perusahaannya bangkrut…kalau PNS udah terlalu banyak jangan nambah – nambah lagi…mari kita wirausaha aja…menciptakan pekerjaan baru..”ternak lele” siiiip

  11. hapit hidayat

    harga persatuan bibitan ikan lele yang ukuran 4-5cm berapa?

  12. kok postingannya kek gini banyak banget yang sama, kembar siam kek anak tikus, gak kurang satu huruf pun…!!! sapa yang kupi paste dan sapa yang punya hasil orisinil…????

  13. Hilman kaelani

    Tolong d bahas tip n trik bagaimana cara membuat bibit lele sendiri

  14. Ada yang bisa buat pakan ikan lele ndak kayak pelet gitu..?
    kalo ada tolong saya donk ajari gimana cara buat pakan lele yang seperti pelet.
    karena selama ini lele saya cuma tak kasih makan pelet saja dan harganya mahal….
    banyak pengeluaran hanya untuk pakan (pelet)
    yang bisa ngajari aku kirim email ke aku ya di :
    Farhan@mail.ugm.ac.id
    thanks…….

  15. mau tau lokasi/tempat yang jual bibit/anakan lele dumbo/pithon

  16. Saya ingin sekali mendapat yambahan penghasilan. Suami juga tertarik dengan budidaya lele ini. Tapi kami tidak punya lahan (tanah) untuk dijadikan kolam. Barangkali ada alternatif lain. Misalnya dengan pemakaian drum bekas. Trus caranya giamana ya??? mohon bantuannya :)

  17. Menarik sekali infonya,Bisa tidak memelihara lele di kolam yang dibuat dari kayu berbentuk peti terus dikasih terpal plastik..

  18. Thank’s sekali dgn infonya,
    saya ingin lebih tahu lagi dgn tehknik budidaya ikan lele dan permasalahanya, serta cara menanggani penyakitnya, biar didapatkan hasil yg maksimal. Kalau bisa tolong kirimkan sama saya copianya. Thank’s
    yandi efrizon
    d/a. Alya shoes pasar srikarimun no 16b tanjung balai karimun KEPRI

  19. artikel budidaya ikan lele-nya, cukup membantu untuk yang sedang mempertimbangkan soal agro-business kecil-kecilan. Bila ada langkah-langkah detail pasti akan lebih menolong. mari kita bantu teman-teman yang mau mencoba memperkuat agro-business di Indonesia.

  20. Trims saya minta dikirimkan ket lebih lanjut mengenai budidaya ikan lele than?

  21. Untuk membentuk banyak plankton gunakan aplikasi NASA(TON) Tabur di kolam dgn dosis 1sdm/10m2 biarkan 3-4 hr air akan berubah hijau. hub. email: ag.hdr.cyn@gmail.com atau langsung dgn agus di lampung hp. 081541248592

  22. hebat tuh aritikel,, lumayan buat ngurangin pengangguran di Tanah air dan mendidik mandiri tidak bergantung pada pemerintah yang cuek dengan jumlah pengangguran yang terus meningkat,, hebat..2

  23. ok
    sangat berguna untuk pemula seperti saya , bagaimana apaakaah bapak sudah mencobaa benih silangan patin dan lel dumbo tersebut ?

  24. kalo mau jadi pengumpul,nyari petani lele di daerah mana ya? dan kolam lele harus airnya sirkulasi gk ?

  25. Hai. Lam knal. Bos saya pengen tau caranya bikin pakan lele secara detail. Mulai dari bahan-bahan dasarnya, kemudian caranya mengolah trus bagaimana cara membuat pakan tersebut mengapung. Tolong kasih tau aku ya. ini email aku panji_bae@yahoo.co.id

  26. saya berminat sekali dengan ternak lele tersebut ..tp yang kami mau tanyakan ..tempat menjual lele atau pembeli lele dalam jumlah besar di bandung dimana yah..

  27. berapa ya takaran pakan per harinya ??
    mhn sharing tips ternak lele juga di blog saya, ya (http://donyirawan.wordpress.com)
    tks

  28. Yth. Penulis Artikel Lele

    Banyak yang memberikan tatacara beternak lele dan kolamnya serta pengairannya, yang jadi masalah dan pertanyaan saya adalah :
    1. Berapa Kg jumlah pakan pelet yang diberikan untuk masing-masing umur lele yang effektif berdasarkan satuan jumlah lele yang ditebarkan pada kolam pembesaran?
    2. Untuk merangsang pertumbuhan lele, probiotik apa yang digunakan?
    3. Berapa tingkat kepadatan tebar lele pada umur 90 hari ( saat panen ) agar pertumbuhan lele tidak terhambat pada saat penebaran benih sudah dapat diperhitungkan?

    Kami harapkan tanggapannya.
    Terima kasih

    Wassalam

    Henry

  29. saya ter tarik dan mau tau lebih dalam

  30. Saya tinggal di komplek perumahan di Bekasi mohon pencerahannya dari rekan senior,
    Apakah cocok ternak lele di atas dak rumah pakai terpal ?
    Haruskah ada penutup dari matahari langsung ?
    Apakah akan timbul bau yang bisa mengganggu tetangga ? bagaimana mengatasinya ?
    Terima kasih infonya.
    Bindam

  31. lele manakah yang lebih cepat besar?

  32. Karena keterbatasan lahan, tetapi saya pingin ternak lele, saya gunakan drum plastik dan saya taruh di lantai II rumah saya.. ternyata berhasil juga ternak lele dengan drum

    http://ternaklele.blogspot.com

  33. Ass.wr.wr…saya berencana membangun kolam lele, dimana bangunannya berupa petakan yang berbahan semen. informasinya, semen bisa menjadi racun bagi lele, so Bagaimana cara menghilangkan racun yang terkandung dalam semen tersebut ? trims sebelumnya

  34. senang bisa dapat pengalaman lebih dari oM asep, lele benar kanibal walau begitu benar menguntungkan jikalau tau pasar.

  35. Terimaksih postingnya…sangat bermanfaat..khususnya bagi yang pengen ternak lele..

  36. saya mohon petinjuk mengenai vaksin untuk lele yang terserang penyakit. (gejala lendir jadi kering). terima kasih

  37. mohon bantuan nya untuk informasi penampungan LELE DUMBO khusus untuk daerah medan ( SUMUT ).
    Terima kasih.

  38. apakah ada foto kolam2 tersebut? baik yang permanen, kolam tanah, maupun kolam plastik?

  39. Aku mahasiswi juruzan international trade dan menurutku lele adalah usaha yang memanfaatkan tempat dihalaman rumah dan itu bagus selain mengisi waktu luang sekaligus mendapat ilmu dan bersatu dengan alam, menurutku lele dengan cara dibaurkan dengan alam seperti habitatnya itu akan lebih bagus dan mudah berkembang biak daripada harus membikin tempat yang musti harus disemen saya pikir kembali ke nature itu lebih cocok. untuk perkembangbiakan hewan.

  40. Siiip..Deh mana artikel yang lain? Misalnya cara pembenihan lele

  41. THANX’S ILMUNYE YE…..

  42. modal awal brapa?sy punya ukuran tanah 3X5 bisa jd brapa kolam.thanks

  43. Alhamdulillah, terima kasih bgt pak , bisa dijadikan inspirasi untuk usaha sampingan

  44. ok terimakasih atas artikelnya mudah mudahan sangt berharga buat bangsa dan negara yang kita cintai ini……..rozi dana RIAU

  45. Terima kasih atas gambaran ternak lele, jadi lebih kebuka nih pengin nyoba juga. Saya dirumah ada lahan 2.5x1m, bisa nggk dibuat kolam lele ? Terus untuk kedalaman berapa cm dan jumlah bibit kurang lebih berapa ? Mohon saran, sekali lagi terima kasih.

  46. manteb,

    terimakasih sharingnya,
    nyoba ah :)

  47. Mlekom..
    Saya punya kolam di halaman sebelah rumah ukuran 1,5 m x 7 m. Dulunya sih pernah di masukin lele,tp iseng aja. Skrg “kumat” lg pengen gantiin nila (juga isengan sh) ama lele lg. Kali ini niatan serius krn mau merit kali yee.. Huahaha.. Jd,lebih pede aja buat nambah modal untuk tanah kosong sebelah kolam sekarang. Please minta “ajian” lagi downk buat ternak lele. Kalo bisa ama pemilihan bibit yang tepat. Thank’s Bro,.. Semoga kebaikannya dibalas dengan Surganya ALLAH SWT,Amien..

    Wassalam,.

    Leleku,,

  48. artikelnya bagus….saya tunggu artikel lainnya..
    jadi pengen coba…piara lele nih buat nambah penghasilan..
    trims banget

  49. SAYA ARY..TRIMAKASIH..SAYA MENYEDIAKAN BIBIT LELE DUMBO …..MULAI DARI UKURAN 4 – 12 CM…HARGANYA UK .4-5CM@Rp 120,00 UK.6-7CM@Rp150,00 UK .7-8@Rp180,00 UK .9-10@Rp 200,00 UK 11-12@Rp 250,00 UNTUK INFO HUB: 0856 9227 2067 a/n arY …PEMBIBITAN KAMI ADA DI PETUKANGAN SELATAN , PESANGGRAHAN , JAKARTA SELATAN …PERBATASAN DENGAN CIPADU – TNGERANG. ..HUB KAMI: 0856 9227 2067.TRIMKASH.

  50. oke bos

  51. OK Banget tipsnya

  52. kami, kelompok pemula ngurus lele….
    lokasi 1/kantor: salabintana, kira-kira 2km ke arah taman rekreasi salabintana dari BBAT sukabumi
    lokasi 2/produksi: sasagaran/baros….
    baru aja mulai 19 juli 09 dengan 8 kolam terpal masing2 3m x 5m di lokasi 1/kantor, sedang bikin kolam terpal lagi di sasagaran 6 buah masing2 4m x 6m, akan berlanjut terus sampai sekitar 48 kolam….
    pengalaman: beli benih pertama ukuran 2-3 50ribuan ekor, setelah 2 minggu sisa 5ribuan ekor (halaaaaahhh…. namanya juga baru!!!), beli biang 71 betina 23 jantan (105kg @rp.13.000) dengan maksud mau ngawinin dan mijahin, malah ketipu, ternyata semua udah “diperas” sama pemilik sebelumnya, jadi u/ bisa bertelur nunggu kira2 4 bulan (halaaaaaahhh, masih lugu ditipu pula!!!)
    kondisi sekarang: punya 1500an ekor 5-7, 50ribuan umur 1 minggu jenis sangkuriang (dari BBAT), 8ribuan 3-5, 26ribuan 2-3……..
    kami senang jika ada yang mau gabung jadi kelompok tani supaya bisa sharing pengetahuan dan ujung2nya sharing “penghasilan”
    bisa hubungi:
    - longgu di 0818 216096
    - didit di 0817 766420
    - eliper di 0266 9247355
    - viki di 0856 95852267 atau 0878 30335080
    - deri di 0819 11913734
    - hotel melinda di 0266 229083
    - lokasi2 sasagaran 0266 6253774
    email: sasagaran.farm@gmail.com

  53. MOHON INFORMASI HARGA JUAL SEKARANG

  54. bung asep,

    Artikel uang menarik mengenai budidaya lele. Jika anda tertarik memasarkannya, coba bergabung di agromaret.com. Di sini banyak supplier dan distributor yang akan membeli.

    http://agromaret.com/

    salam

  55. saya jual cd cara budidaya lele yang benar. dari proses pemilihan bibit sampai panen sehingga menghasilkan uang melimpah ketika panen tiba. jika berminat silahkan hub. saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD budidaya di bid. peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. download katalog CDnya di http://www.tinyurl.com/cdbudidaya

  56. Mau tanya dunks..
    Klo saya sepertinya lbh berminat ternak ikan lele yg bukan konsumsi..
    Mungkin istilahnya ternak bibit lele ya?! Jadi nanti hasil panennya di jual ke peternak konsumsi..
    Ada yg punya pengalaman ttg ternak jenis ini?
    Sharing2 dunks..

  57. Berapa ekor ikan lele untuk ukuran kolam 1x3x1 meter, dan berapa induk lele yang bisa di masukkan dalam ukuran kolam tersebut untuk melakukan perkawinan, om. Kalo bisa saya minta situs cara beternak lele yg lengkap ya om, soalnya saya mau coba berbisnis ikan ini, katanya sangat menguntungkan. Thanks ya om….

  58. sepertinya aku pernah membaca postingan seperti itu.. tapi menarik juga…
    aku juga peternak lele… kalo masalah pemeberian pakan aku lum coba model begitu.. aku coba.. mungkin akan berhasil……………….

  59. statisfied

  60. Saya masih awam dalam beternak lele, minta info dimana saya bisa beli benih lele dengan harga yg bagus utk daerah jakarta timur khususnya, atau luar kota juga boleh. Terima kasih

  61. Mau Tanya tempat penjual benih lele yang bagus dan murah.
    saya ada kolam ukuran 400 m niatnya mau dibagi 2 bagusnya disekat pake apa ya?
    bentuk kolamnya tanah Lokasi diCipanas.
    sebenarnya pengaruh ga sih kalo airnya dingin dan disekat jadi 4?
    Mohon Infonya Makasih ya sebelumnya

  62. sepertinya menarik nih tuk budidaya lele.tapi saya masi awam sekali untuk cara budidayanya.saya ada tanah kosong dirumah sekitar 7x8m dan berada dipinggir ciliwung.kira2 bisa untuk brapa kolam ya?kira2 brapa dana yg dibutuhkan untuk mengolah lahan untuk kolam sampai beli benih untuk lele sampai panen.soalnya saya masi kuliah sambil bekerja jadi budgetnya masi minim.makasi gan kl emg bisa kasi masukkan maklum br mau blajar usaha tp masi bingung mau usaha apa..

  63. pupuk organik : penggunaan pupuk organik akan meningkatkan kesuburan tanah.
    http://pupuk-bioorganik.blogspot.com/
    pupuk organik : makin byk petani yg gunakan bahan kimia untuk pupuk & herbisida dan berlangsung bertahun-tahun ,akibatnya kesuburan tanah berkurang

  64. herman saputra

    saya sangat tetarik dengan budidaya lele ini.trims atas artikelnya

  65. bener ga bro

  66. ok. t5ake it. iam agreee.

  67. salam, saya agus dari aceh. saya memiliki lahan seluas +- 200 M2, rencana saya mau membuat kolam untuk budidaya ikan lele, cuma saya belum bisa mengestimasikan harga. bisa tolong di berikan estimasi harga untuk budidaya ikan lele ke email saya : amont_gank@yahoo.com

    terima kasih

  68. muhammad qiyamulhaq

    pak saya pengen nyoba melihara lele tapi tempat tinggal saya berudara panas dan tanahnya berwarna hitam apakah cocok pak?

  69. kalau budidaya lele pakai gentong bisa g???soalnya lele tumbuh ditempat yang gelap dan miskin matahari.bner g??
    mana yang lebih bagus antara lele sangkuriang dengan lele afrika? dan dmn mendapatkan bibit tersebut di jawa tengah?

  70. trimakasih,atas informasi’na……….

    inshaallah, akan saya coba.

  71. Semoga sukses dengan budidaya lele nya… salam kenal..

  72. bagus buat resensi

  73. *** Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan

    Dengan pupuk ajaib BIBIT LELE DUMBO sebesar 5-7 cm panen dalam 29 hari isi 1 kg 7-8 ekor,hemat pakan 40%.Belut dari pembibitan sebesar kabel panen dalam 3 bulan berat rata-rata 500 gram/ekor.Pupuk ajaib Terbuat dari bahan organik murni 100%.Budidaya perikanan tanpa vaksin,antibiotik,dan vitamin lainnya.Bisa dengan pakan buatan sendiri atau pabrikan.Tersedia khusus tanaman,perikanan,peternakan dan untuk unggas.

    sms:0857-8178-5140
    http://berita-agrobisnis.blogspot.com/

  74. saya mencoba bemelihara lele dalam media kolam plasti berukuran 3×4 m di teras loteng rumah,.berpa banyak benih yang bisa ditanam dikolam itu dan bagaimana cara pemeliharaan yang optimal agar hasilnya maksimal,terimakasih

  75. saya sangan senang sekali membaca artikel ini, karena saya baru mencari informasi2 karena berniat ingin memulai usaha yaitu beternak lele. Trimakasih semoga saya bisa segera mempraktekan tata cara dan prosedur awal beternak lele.

  76. apa yang harus saya lakukan yang ada hanya:
    1. kolam ikan 18 x 50 m dan 18 x 70 m
    luas lahan semua 29.000.000m HM
    2,Mata air alami musim kemarau 100 l/menit musim huja 500 l/menit
    3. kerambah ikan 29 bh.

    yang tidak punya
    1.pengetahuan tentang peternakan ikan
    2,modal usaha
    3.tehnik pemasaran
    4.tenaga kerja

  77. apa yang harus saya lakukan yang ada hanya:
    1. kolam ikan 18 x 50 m dan 18 x 70 m
    luas lahan semua 29.000.000m HM
    2,Mata air alami musim kemarau 100 l/menit musim huja 500 l/menit
    3. kerambah ikan 29 bh.
    4.Jarak dari ibukota propinsi 12 km

    yang tidak punya
    1.pengetahuan tentang peternakan ikan
    2,modal usaha
    3.tehnik pemasaran
    4.tenaga kerja

    yang memiliki yang saya tidak punya berpeluang untuk bekerja sama.

  78. saya kepengen tau dari mana kita bisa mendapat kan bibit lele sangkuriang.mohon di beri penjelasan……

  79. bagaimana cara dan langkah untuk mengawinkan lele serta proses yg lbh baik untuk pembuahan lele. Dan stelah lele berhasil bertelur,bagaimana cara merawat benih tsb.

  80. aku ternak lele,dulu gk takkasih pupuk organik airnya,seumpama sekaran(1bulan)mau tak kasih pupuk bisa tidak?

  81. Bos saya mempunyai kolam terpal ukuran 3×4, t 8cm berapa bibit yang harus saya sebar? berapa hari saya harus mendiamkan air selama blm dimasukan bibit? zat atau larutan kimia apa yang bisa mempercepat pertumbuhan lele untuk campuran air? terimakasih infonya

  82. nuhun a kahartos , bade nyobian abi ah…

  83. terimakasih infonya ya. saya sedang membantu rekan-2 untuk budidaya lele dumbo.sayangnya di daerah pegunungan dengan memanfaatkan pekarangan yang nganggur.

  84. makasih,, aq ingin mulai beternak lele dan butuh sekali info ttg beetrnak lele,,

  85. saya sudah coba coba ne mas
    saya punya 2000 ekor
    tpi baxak yang mati
    gmn

  86. Makasih artikelnya sangat membantu, saya mau coba usaha budidaya ikan lele

  87. makasih ya…

  88. dhany yamashita

    thank browww

  89. THANKS ILMUNYA

  90. bagus artikelnya nih

  91. thanks for the great info.

    saya mau tanya.
    saya dengar ternak lele membuat lingkungan disekitar kolam bauk. apakah hal tersebut benar? saya punya tapak rumah 10x30meter, tetapi kiri kanan dan belakang ada rumah tetangga. nah hal inilah yg masih membuat saya ragu untuk memulai budi daya lele sebab kawatir tetangga sekitar nantinya terganggu dgn aroma yg tak sedap. terima kasih atas penjelasannya. salam sukses!

  92. Yohan Andreas Tember

    Thanks

  93. Salam sukses .. lele banyak yang mati atau terkena penyakit cacar, luka, sirip geripis, sungut keriting/putus, bercak putih, insang merah/hitam, hilang keseimbangan, perut buncit .. kami menyediakan obat khusus lele baik untuk pengobatan atau pencegahan .. tinggal dicampur dipakannya .. telah teruji dan terbukti sejak tahun 2002.

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  94. kang knp ikan lele saya umur 1 bln pd mati dgn pakan jadi hampir 3 hari ini 10 ekor/hr

  95. Beli bibit lele nya dimana tolong info nya keno 08121009393 beska ahmad

  96. thanks info ternak lele nya bos

  97. Tlong beri tahu cara memilih bibit lele yang baik
    Thanx,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s